5 Gaya Hidup Sehat Menghindari Kolesterol Tinggi

Lemak darah yang berlebih dapat dihindari. Gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat merupakan kuncinya.

Keseimbangan yang baik antara olah raga teratur, istirahat yang cukup disertai dengan mengkonsumsi makanan sehat cukup protein, serat dan memenuhi kebutuhan gizi akan dapat menjaga lemak darah tetap normal.



Perubahan gaya hidup ini akan lebih semakin baik jika secara teratur juga dilakukan cek kadar lemak darah atau kolesterol.

Berikut ini 5 gaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kadar lemak darah.

Baca juga Cara Mencegah Diabetes Dengan Pola Makan Sehat


hindari kolesterol tinggi



 

5. Perbaiki Pola Makan

Memperbaiki pola makan itu sangat sederhana.

Akan tetapi hasilnya tidak sederhana. Karena pola makan yang sehat akan:

  • Membuat tubuh lebih sehat
  • Menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti kolesterol dan diabetes
  • Mencegah timbulnya kegemukan atau obesitas
  • Membantu otak bekerja lebih baik

Apa dan bagaimana pola makan yang sehat?

Sarapan

Sarapan memberikan banyak manfaat. Dapat dikatakan sarapan merupakan asupan terpenting. Kita mendapatkan energi untuk aktivitas sepanjang hari.

Selain itu sarapan menggerakan metabolisme tubuh.

Dan tahukah Anda, sarapan bisa pula meningkatkan daya kerja otak? Beberapa penelitian menunjukan pelajar yang sarapan mendapatkan nilai yang lebih baik.

Hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan daya ingat dan fungi kognitif otak.

 

Jangan Sampai Kelaparan

Pernahkah Anda memiliki teman dengan penyakit maag? Bagaimana kebiasaan makannya?

Ya, mereka yang menderita maag tidak teratur dalam urusan makan. Maka dari itu, jangan telat makan. Apalagi sampai merasa kelaparan.

Dalam jangka waktu pendek, telat makan bisa menyebabkan:

  • Pusing kepala
  • Sakit perut
  • Melemahnya daya tahan tubuh
  • Menurunkan daya konsentrasi

Mengapa jangan sampai kelaparan? Tentu saja ada keuntungan lain selain yang telah disebutkan di atas. Jika Anda makan sebelum merasa terlalu lapar, setidaknya ada 3 keuntungan lain.

  •  Mencegah dari makan dalam porsi terlalu besar
  •  Makan tanpa disertai stress
  • Memungkinkan mencegah diri dari makanan tidak bergizi

 

Makanan Ringan Bergizi

Makanan ringan yang bergizi perlu diperhatikan sebagai bagian dari pola makan sehat. Apa saja makanan ringan yang baik dikonsumsi?

  • Yoghurt
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Asinan buah
  • Biskuit gandum

Mengkonsumsi makanan ringan sehat tersebut mencegah Anda dari porsi makan yang terlalu besar. Sehingga dapat mencegah kegemukan.

 

Rencanakan Makan Siang dan Malam

Ya, rencanakan selalu makan siang Anda. Makudnya agar Anda tetap mendapatkan makanan yang sehat.

Untuk itu, Anda bisa menyediakan selalu bahan makanan yang sehat di lemari pendingin. Lalapan dan sayuran merupakan bahan makan sehat yang paling mudah didapatkan.

Dengan merencanakan menu makan, memudahkan Anda mempersiapkan makanan sehat. 

 

Bawa Bekal Ke Tempat Kerja

Andapun dapat membawa bekal makanan ke kantor atau tempat kerja. Makanan yang disarankan:
  • tumis
  • ayam goreng
  • sayuran
Makanan sehat tidak selalu mahal ataupun merepotkan. Kurangi makanan yang berbahan kuah krim dan sejenisnya.

Ringkasan Pola Makan Sehat...

  1. Sarapan
  2. Jangan sampai terlalu lapar
  3. Makanan ringan bergizi
  4. Rencanakan makan siang dan malam 
  5. Seimbangkan asupan gizi dengan memperbanyak sayuran dan buah.
Baca juga: Mengobati Diabetes Secara Alami, Terbukti!

 

4. Olah Raga Teratur

Olah raga merupakan faktor paling penting dalam menjaga kesehatan. Dengan gaya hidup sehat, di antaranya dengan berolahraga, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Misalnya...

Lemak darah atau kolesterol, penyakit kencing manis, darah tinggi, dan lain sebagainya. Semua penyakit kronis tersebut dapat dicegah dengan olah raga secara teratur.

Demikian pula untuk menjaga lemak darah atau kolesterol, olahraga teratur mengontrol kadar lemak darah.

Stretching

Lakukan stretching setiap pagi. Ketika bangun tidur tubuh yang agak kaku secara alamiah membutuhkan stretching.

Dan tahukah Anda? Jika Anda rutin melakukan stretching selama minimal 30 menit setiap pagi, Anda terbebas dari berbagai keluhan pegal atau mudah letih.

Bahkan, stretching di pagi hari lebih baik daripada berbagai bentuk olah raga lainnya.

Jalan Kaki

Jangan sepelekan jalan kaki. Setidaknya dalam sehari berjalanlah selama 20 menit.

Bila Anda rajin melakukannya, Anda termasuk orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Olah raga ini sangat baik, terutama bagi mereka yang menderita diabetes melitus ataupun yang ingin menurunkan kadar kolesterol.

Mengapa? Karena jalan kaki termasuk olah raga yang sangat ringan. Sehingga tidak menguras banyak tenaga.


3. Istirahat Yang Cukup

Gaya hidup yang sehat memasukan istirahat sebagai faktor penting dalam membangun kebiasaaan yang baik.

Anda tidak mungkin menurunkan kadar kolesterol atau lemak darah tanpa mau beristirahat yang cukup.

Ada begitu banyak keuntungan dari istirahat yang cukup ini.

  • Mengembalikan energi
  • Menghindarkan diri dari stress dan depresi
  • Meningkatkan kinerja otak
  • Menambah daya ingat
  • Memperbaiki mood
  • Meningkatkan daya kekebalan tubuh

 Ada banyak orang yang karena mengejar target-target kerja melupakan istirahat. Padahal justru dengan istirahat yang cukup, kinerja dan produktivitas kita meningkat drastis.

Titik optimal kerja kita berada di rentang waktu 8 jam. Melebihi jam kerja tersebut, otak dan tubuh tidak lagi optimal dalam

Apa saja yang dimaksud dengan istirahat yang cukup?

Jam Tidur

Atur jam tidur sehingga berada di siklus tertentu. Misalnya tidur pukul 9.00 dan bangun 4.00.

Dengan membiasakan diri tidur secara teratur, jam biologis tubuhpun akan menyesuaikan diri. Tetapi bila Anda tidur tidak teratur, mengakibatkan jam tubuh dalam keadaan "kacau."

Meskipun Anda tidur lama, tubuh tidak akan kembali segar. Itu karena sistem tubuh dalam keadaan yang kacau.

Berbeda bila Anda tidur teratur, maka begitu bangun tidur Anda kembali segar.


Rileks

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi rileks. Seberapa banyak momen-momen rileks, sebesar itu pula kondisi istirahat tubuh Anda.

Momen rileks bisa berbeda dari satu orang dengan lainnya.

Misalnya menyediakan waktu berbincang-bincang dengan anggota keluarga selepas pulang kerja. Mengerjakan sesuatu yang merupakan hobbi. Atau hal lainnya sesuai dengan kesenangan Anda.

Dan yang paling penting, rileks di waktu tidur.

Kualitas tidur tergantung pada tingkat rileksasi-nya. Semakin rileks, semakin baik tidur Anda.

2.  Check Up Secara Berkala

Gaya hidup sehat selanjutnya mengharuskan diri Anda memeriksa kondisi tubuh atau disebut check up. Hal ini menjadi penting untuk memantau sejauh mana kesehatan tubuh Anda.

Yang perlu diperiksa di antaranya:

  • Tekanan darah
  • Lemak darah /kolesterol
  • Kadar Gula

Dengan melakukan check up secara berkala menghindarkan kita dari keterlambatan apabila terjangkit suatu penyakit. Dengan begitu, jika menderita suatu penyakit dapat ditangani secara lebih cepat.


1. Suplemen 

Jika perlu, konsumsi suplemen yang Anda butuhkan.

Misalnya, jika Anda menderita darah tinggi perbanyak konsumsi kunyit putih. Atau apabila memiliki kadar kolesterol tinggi Anda konsumsi herbal dengan kandungan guggulipid.

Selain mengkonsumi suplemen, hindari berbagai makanan yang bersifat racun bagi tubuh. Contohnya rokok dan berbagai pantangan.

Melakukan 5 hal di atas merupakan cara paling mudah menerapkan gaya hidup sehat.
Sponsor
Previous
Next Post »